Loading...

8 Buah untuk Diet yang Bisa Masuk dalam Program Diet Sehat

Buah untuk diet dalam program penurunan berat badan memang sangat berperan penting. Pasalnya, buah adalah camilan alami yang dikemas dengan beragam vitamin, serat dan beberapa nutrisi lain untuk mendukung pola makan sehat.

Buah umumnya juga mengandung rendah kalori dan tinggi serat yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Faktanya, makan buah dikaitkan dengan penurunan berat badan dan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, kanker dan penyakit jantung yang rendah.

Serat, vitamin, mineral dan antioksidan membantu tubuh memproses gula alami buah jauh lebih lambat daripada makanan yang mengandung tinggi gula dan kalori seperti donat.

Berikut ini buah yang cocok untuk diet:

1. Apel

Buah apel yang rendah kalori dan tinggi serat dengan 116 kalori dan 5,4 gram serat per buah besar (223 gr). Buah apel juga menjadi buah untuk diet cepat yang terbukti dapat mendukung penurunan berat badan.

Dalam sebuah penelitian, wanita diberi tiga apel, tiga pir atau tiga kue gandum dengan kalori yang sama per hari selama 10 minggu. Kelompok apel kehilangan 0,91 kg dan kelompok pir 0,94 kg sedangkan kelompok gandum beratnya tidak berubah.

Selain itu, sebuah observasi pada 124.086 individu menentukan bahwa orang yang makan apel kehilangan rata-rata 0,56 kg per porsi harian selama periode empat tahun.

Karena buah-buahan rendah kalori seperti apel lebih mengenyangkan, Anda mungkin lebih sedikit mengonsumsi makanan lain sepanjang hari.

2. Markisa

Buah untuk diet sehat salah satunya adalah markisa. Buah markisa memiliki kulit yang keras dengan biji yang bisa dimakan dengan daging buah di dalamnya. Satu buah markisa seberat 18 gram hanya mengandung 17 kalori dan merupakan sumber serat, vitamin C, vitamin A, zat besi dan kalium.

Mengandung serat, markisa dapat membuat perut kenyang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan. Biji buah markisa juga mengandung piceatannol, zat terkait dengan penurunan tekanan darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada pria yang kelebihan berat badan.

3. Raspberi

Dalam eatingwell, raspberry adalah salah satu makanan untuk menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan serat dapat membantu menurunkan berat badan, karena serat membuat Anda kenyang dan menjaga pencernaan tetap teratur.

Serat bukan satu-satunya alasan untuk mengonsumsi raspberi. Buah ini juga mengandung antosianin, antioksidan yang terkait dengan peningkatan kesehatan jantung dan mencegah penurunan kognitif. Raspberi juga mengandung asam ellagic yang dapat melindungi tubuh dari kanker.

Raspberi juga merupakan sumber vitamin C yang sangat baik untuk melawan peradangan, menjaga kesehatan kulit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Pir

Buah untuk diet malam salah satunya bisa dengan buah pir. Satu buah pir mengandung 6 gram serat. Selain serat, buah pir juga mengandung vitamin C untuk melawan radikal bebas penyebab peradangan. Mereka juga merupakan sumber potasium yang baik untuk membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Kiwi

Buah kiwi adalah buah kecil berwarna cokelat dengan daging berwarna hijau. Mengandung banyak gizi, kiwi mengandung sumber vitamin C, vitamin E, folat dan serat yang sangat baik.

Kiwi memiliki indeks glikemik yang rendah. Meski mengandung gula, ia dilepaskan lebih lambat dan dapat menghasilkan lonjakan gula darah yang lebih kecil. Kiwi juga mengandung 2 gram serat sehingga dapat menunjang penurunan gula darah.

6. Melon

Buah untuk diet sarapan pagi yang bisa dipilih adalah melon. Melon rendah kalori dan memiliki kandungan air yang tinggi sehingga menjadi sangat ramah dikonsumsi bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Meskipun rendah kalori, melon juga kaya serat, kalium dan antioksidan seperti vitamin C, beta karoten dan likopen. Melon bisa dinikmati segar atau dicampur ke dalam salad buah. Melon juga dapat dicampur dengan salad atau dibuat menjadi smoothies.

7. Jeruk

Semua buah jeruk rendah kalori dan tinggi vitamin C serta mengandung serat. Jeruk bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau dibuat menjadi jus serta ditambahkan ke dalam salad.

Jeruk juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sangat penting untuk membantu penurunan berat badan. Jeruk mengandung serat sebanyak 4 gram dan dikemas dengan karotenoid, keluarga antioksidan yang memberi warna pada jeruk. Karotenoid dapat membantu mengurangi lemak perut, meninggalkan penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh agar tetap sehat.

8. Pisang

Buah untuk diet sarapan pagi yang lainnya adalah pisang. Ketika hendak menurunkan berat badan, beberapa orang menghindari makan pisang karena gula dan kalorinya tinggi. Akan tetapi pisang memiliki indeks glikemik rendah sehingga dapat membantu mengendalikan kadar insulin dan mengatur berat badan, terutama bagi orang yang menderita diabetes.

Pisang yang menjadi buah untuk diet ini juga mengandung kalium, magnesium, mangan, serat, banyak antioksidan serta vitamin A, vitamin B6 dan vitamin C.

Source: DETIK FOOD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.