Loading...

7 Penyebab Perut Tetap Buncit Meski Sudah Diet

Perut buncit terjadi karena adanya penumpukan lemak di area perut atau disebut dengan kondisi obesitas sentral. Perut buncit bagi banyak orang sangat mengganggu penampilan sehingga berbagai dilakukan untuk mengecilkan perut yang buncit.

Apakah setelah melakukan diet perut tetap buncit? Simak penjelasan di bawah ini yang mengapa perut tetap buncit walaupun telah melakukan diet.

1. Terlalu sering mengkonsumsi alkohol

Penelitian yang dilakukan oleh Current Obesity pada tahun 2015 menemukan bahwa konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan perut menjadi buncit. Pasalnya alkohol mempengaruhi aktivitas neuron otak yang dapat menimbulkan rasa lapar. Selain membuat perut buncit, mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti liver dan peradangan.

2. Kurang olahraga

Rutin berolahraga dapat membantu tubuh untuk mempercepat metabolisme dan membakar kalori secara maksimal. Sehingga jika seseorang sudah melakukan diet namum masih kurang berolahraga, maka lemak akan dengan mudah tertimbun di beberapa bagian tubuh salah-satunya perut.

3. Stres

Stres yang dialami oleh seseorang dapat membuat tubuh memproduksi hormon kortisol yang berdampak pada metabolisme. Jumlah kartisol yang terlalu banyak berkaitan dengan menimbunan lemak di perut. Stres juga memicu naiknya nafsu makan terutama untuk makanan tinggi kalori dan manis. Nafsu makan yang tidak terkendali dapat menyebabkan penimbunan lemak di area perut.

4. Kebiasaan merokok

Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa perokok memiliki lebih banyak lemak di perut dibandingkan mereka yang tidak merokok. Merokok adalah faktor yang membuat risiko tingginya lemak perut.

5. Kurang tidur

Journal of Clinical Sleep Medicine menemukan bahwa ada kaitan antara penambahan berat badan dengan durasi tidur. Seseorang dengan durasi tidur yang singkat, lebih memiliki risiko mengalami penimbunan lemak di perut. Hal ini bukan tak beralasan, karena kurang tidur akan membuat perilaku makan yang tidak sehat.

6. Menopause

Perut buncit juga dapat diakibatkan oleh faktor menopause ketika terjadi penurunan hormon esterogen. Hal ini mengakibatkan lemak tidak menumpuk di bagian tubuh lain, melainkan di perut.

7. Postur tubuh yang buruk

Perut buncit juga dapat dipengaruhi oleh postur tubuh buruk seperti terlalu membungkuk. Hal ini dapat diatasi dengan melakukan peregangan tulang dan sendiri sesering mungkin.

Source: DETIK HEALTH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.