Loading...

Ikut-ikutan Batasi 1.000 Kalori Agar Seramping Adele? Kenali Risikonya

Penyanyi Adele mengejutkan banyak orang dengan penampilan barunya yang terlihat sangat jauh berbeda. Beberapa sumber menyebut Adele menerapkan diet Sirtfoor dan hanya mengonsumsi 1.000 kalori sebagai metode penurunan berat badannya.

Pilihan makanan dalam diet Sirtfood semuanya merupakan jenis asupan sehat yang dapat memberikan manfaat kesehatan karena sifat antioksidan dan anti-inflamasinya. Namun makan hanya segelintir makanan, meski asupan tersebut sehat, tidak dapat memenuhi seluruh kebutuhan nutrisi tubuh.

Saat mengikuti program Sirtfood Diet, mereka yang menjalaninya disarankan hanya konsumsi 1.000 kalori dalam beberapa hari. Pakar nutrisi Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy mengatakan fase pertama dari diet Sirtfood lumayan ekstrem.

“Diet dengan 1.000 kalori pada beberapa studi manusia dianggap tidak aman. Orang-orang dapat kehilangan cairan dan massa otot jika hanya mengasup kalori rendah yang mengacaukan metabolisme Anda,” katanya dikutip dari Prevention.

Membatasi asupan kalori sebanyak itu hanya baik untuk beberapa hari tetapi tidak benar-benar ideal. Sangat penting untuk memperhatikan jenis kalori apa yang diperoleh. Belum lagi, karena diet sangat terbatas dalam kalori dan pilihan makanan, kemungkinan besar kekurangan protein, vitamin dan mineral terutama pada fase pertama.

Selain itu, konsumsi jus sayur setiap hari juga dianggap tidak tepat bagi para ahli. Jus hijau seringkali jauh lebih rendah serat dibandingkan ketika mengonsumsinya secara utuh.

“Saya bukan penggemar berat membuat jus, terutama ketika kita berbicara penurunan berat badan, karena blender melakukan banyak pekerjaan yang seharusnya dilakukan tubuh,” tutur Keatley

Diet ini juga kurang memiliki komponen edukasi untuk membantu orang lebih memahami makanan apa yang baik untuk kesehatan mereka, dan bagaimana mengembangkan pola makan yang sehat karena betapa ketatnya program tersebut. Akhirnya, benar-benar tidak ada pedoman di luar dua fase, kecuali Anda membeli buku-buku Sirtfood Diet.

Makan hanya 1.000-1.500 kalori per hari akan membuat hampir semua orang cepat merasa lapar, terutama jika banyak yang dikonsumsi hanya jus, yang rendah serat dan nutrisi. Selama fase satu, Anda mungkin mengalami efek samping lain seperti kelelahan, sakit kepala ringan dan lekas marah karena pembatasan kalori.

Karenanya disarankan untuk berbicara dengan ahli gizi sebelum secara ekstrem mengurangi asupan kalori dan hanya mengonsumsi jus demi penurunan berat badan.

Penulis: Khadijah Nur Azizah – detikHealth
Source

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.